SISTEM KOMUNIKASI DAKWAH DI ERA DIGITAL

Sunardi Bashri Iman

Abstract


Perkembangan teknologi informasi memberikan dampak yang sangat siginifikan terhadap perkembanga informasi yang sangat cepat termasuk proses komunikasi dakwah. Komunikasi dakwah di era perkembangan teknologi informasi saat ini menggunakan media digital sebagai sarana utama agar informasi dakwah dapat tertransformasikan dan diterima dengan cepat oleh seluruh lapisan umam muslim yang ada di dunia. Metode kajian dalam tulisan ini adalah studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data studi dokumentasi. sedangkan pengolahan data dengan reduksi, menyimpulkan dan menampilkan data dalam bentuk kalimat dan gambar. Hasil kajian: sistem komunikasi dakwah di era digital terdiri dari tiga aspek yang terbingkai dalam satu sistem, yaitu: pertama, input komunikasi dakwah adalah hal-hal yang perlu disediakan sebelum proses dakwah yaitu sasaran, materi dan media dakwah. Kedua proses komunikasi dakwah yaitu cara penyampaian dakwah kepada sasaran dakwah yang dipengaruhi oleh dua aspek penting yaitu pendakwah dan metode dakwah. Ketiga output komunikasi dakwah berupa dampak yang dihasilkan dari dakwah terhadap sikap dan perilaku orang lain. Kesimpulan, sistem komunikasi dakwah di era digital merupakan tahapan mempersiapkan proses dakwah agar dakwah memiliki impact yang positif kepada orang lain. Implikasi dari kajian ini adalah sebagai bahan masukan bagi pendakwah untuk dapat mempersiapkan dakwah dengan matanng sebelum diaplikasikan kepada sasaran dakwah khususnya di era digital

Keywords


Sistem, Komunikasi, Dakwah, Digital

Full Text:

PDF

References


Aji, R. (2016). Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.21580/icj.2016.1.1.1245

Baidowi, A. (2021). Da ’ wah Management of Islamic Religious Counselors in Pegantenan , Pamekasan during and post Covid-19 Era. Muharrik: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 4(01), 63–78. https://doi.org/10.37680/muharrik.v3i02.697

Baidowi, A., & Salehudin, M. (2021). Strategi Dakwah di Era New Normal. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 58–74. https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.04

Bashori, A. H., & Jalaluddin, M. (2021). Dakwah Islamiyah di Era Milenial. Syiar: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 87–100. https://doi.org/https://doi.org/10.54150/syiar.v1i2.40 DAKWAH

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II), 116–123.

Devi, A. D. (2021). Analisis Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output Pendidikan di MAN 1 Tulang Bawang Barat. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i1.115

Doharma, R., & Mafiroh, D. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penilaian Prestasi Siswa pada SDN Grogol Selatan 13. Infotaech, 4(2), 34–43.

Hasbiyalloh, M., & Jakaria, D. A. (2018). Aplikasi Penjualan Barang Perlengkapa Hand Phone di Zildan Cell Singaparna Kabupaten Tasikmalayan. Jumantaka, 1(1), 61–70. http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jumantaka/

Justisiani, E. I. (2014). Persepsi Masyarakat Tentang Bentuk Komunikasi Verbal Dan Komunikasi Nonverbal Pada Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi, 3(3), 193–206. https://doi.org/10.1016/s2213-2945(14)00111-2

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Ramadhanty, S. (2014). Penggunaan Komunikasi Fatis dalam Pengelolaan Hubungan di Tempat Kerja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–12. https://jkms.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/2556

Saihu, Made. “Urgensi ‘Urf Dalam Tradisi Male Dan Relevansinya Dalam Dakwah Islam Di Jembrana-Bali.” Jurnal Bimas Islam 12, no. 1 (2019): 173–201. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i1.91.

Saihu, Saihu. “Implementasi Manajemen Balanced Scorecard Di Pondok Pesantren Jam’Iyyah Islamiyyah Tangerang Selatan.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman 3, no. 1 (2019): 1–22. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i1.30.

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 1–9.

Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi Di Era Digital Dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan, 0(0), 6

Bashori, Abdul Hamid, and Moh Jalaluddin. “Dakwah Islamiyah Di Era Milenial.” Syiar: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 1, no. 2 (2021): 87–100.




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v5i01.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sunardi Bashri Iman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.