AL-QUR’AN DALAM SEJARAH (Diskursus Seputar Sejarah Penafsiran al-Qur’an)

Abdul Rouf

Abstract


Secara normatif al-Qur’an diyakini memiliki kebenaran mutlak namun kebenaran produksi penafsiran al-Qur’an bersifat relatif dan tentatif. Sebab tafsir adalah respons mufassir ketika memahami teks kitab suci, situasi dan problem sosial yang dihadapinya. Sehingga tidak ada penafsiran yang benar-benar objektif karena penafsiran terhadap suatu teks termasuk di dalamnya teks al-Qur’an sangatlah dipengaruhi oleh sejarah latar belakang keilmuan, kultural dan anggapan-anggapan yang melatarbelakngi penafsirnya. Sehingga kajian tentang sejarah penafsiran al-Qur’an memiliki daya tarik sendiri bagi mereka yang serius ingin memahami al-Qur’an. Karenanya tidak lah mengherankan jika di kalangan umat Islam selalu bermunculan produk-produk tafsir yang sarat dengan berbagai metode dan pendekatan penafsiran seiring dengan derap langkah perubahan dan tantangan zaman. Pada artikel ini penulis mencoba mendeskripsikan tentang sejarah penafsiran al-Qur’an melalui pembahasan tentang sejarah turunnya al-Qur’an, sejarah penafsiran al-Qur’an mulai dari penafsiran dengan menggunakan riwayat, akal dan olah batin.

Keywords


Al-Qur’an, Sejarah, Penafsiran, Akal, Batin

Full Text:

PDF

References


Ali, Jawwad, Tarikh al-Salah fi Islam. Baghdad: Matba’ah diya’, t.t.

Al-Atsqalânî, Ahmad Ibn Ali ibn Hajar, Fath Al-Bâri bi Syarh Shahîh Al-Bukhâri, Hadis no. 2786 Vol. IV (Berut: Dâr al-Fikr 2000.

Al-Banna, Jamal, Al-Jihâd. Kairo: Dâr Al-Fikr Al-Islâmi, 2002.

Al-Bukhari, Abu ‘Abdillah Muhammad Ibn Isma’il Al-Jami’ al-Sahih Al-Mukhtasar. Baerut: Dar Ibn Kathir, 1987.

Al-Dhahabi, Muhammad Husyan Al-Tafsir wa Al-Mufassirun, Jilid I. Kairo: t.p. 1979.

Al-Dimyati, Muhammad Shata, I’anah Talibin, Semarang: Thaha Putra, t.t.

Al-Jabiri, Muhammad ‘Abed, Bunyah al-‘Aql al-‘Arabi; Dirasah Tahliliyyah Naqdiyyah li Nuzum al-Ma’rifah li Thaqafah al-Arabiyyah. Baerut: al-Markaz al-Thaqafi al-‘Arabi.

Al-Jawi, Muhammad Nawawi Nihayat al-Zain fi Irshad al-Mubtadi. Semarang: Thaha Putra, t.t.

Al-Kahlânî, Muhammad bin Ismâ’îl, Subul Al-Salâm. Bandung : Dahlan t.t).

Al-Qurtubi, Muhammad Ibn Ahmad, al-Ansari Al-Jâmi Li Ahkâm Al-Qur’an, Vol VII. Baerut: Dâr Al-Fikr, 1995.

Al-Razi, Fakhr al-Din, Mafatih al-Ghaib. Baerut: Dar al-Fikr, 1993.

A1-Sabuni, al-Tibyan fî ‘Ulum al-Qur’an. Baerut: ‘Alam al-Kutub,t.t.

Al-Zakarshi. Al-Burhan fi Ulum al-Qur’an, Jilid II. Mesir: ‘Isa al-Bab al-Halabi, 1972.

Al-Zarqani, Muhammad Abdul Azhim Manahil al-Irfan fi ‘Ulum al-Qur’an, juz II. Mesir: Mustafa. T.t.

Al-Zamakhshari, Mahmud Ibn Umar, Tafsir Al-Kashshaf, Vol III. Baerut: Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyah, 1995,

Anshari, Endang Saifuddin Wawasan Islam Pokok-pokok Pikiran tentang Islam dan Ummatnya. Bandung: Pustaka, 1403 h/1983 M.

Goldziher, Ignaz. Madhahib al-Tafsir al-Islami. Kairo: Maktabah al-Sunnah al-Muhammadiyah, 1955.

Huwaidi, Fahmi, Al-Qur’an wa Al-Sultan: Humum Islamiyah Mu’asirah. Kairo: Dar al-Shuruq, 1998.

Ishaq, Ibn, Al-Sirah Al-Nabawiyah. Kairo: Qutta al-Thaqafah, 1998.

Kartodirdjo, Sartono, Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia, Suatu Alternatif. Gramedia, Jakarta, 1984.

Khaldun, Ibn, Muqaddimah Ibn Khaldun. Baerut: Dar al-Fikr, t.t.

Makram, Ibn Manzur Muhammad ibn, Lisân al-Arab, Vol. III. Baerut: Dâr Al-Fikr, 1994.

Saihu, Rintisan Peradaban Profetik Umat Manusia Melalui Peristiwa Turunnya Adam As Ke-Dunia, Mumtaz, Vol. 3, No. 1, (2019).

Tabataba’i, Al-Mizan fi Tafsir al-Qur’an, j.XVIII. Baerut: Dar al-Fikr t.t.




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdul Rouf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.