IMPLEMENTASI EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN OUTPUT)

Isep Djuanda

Abstract


Pendidikan karakter dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan mutu penye-lenggaraan dan hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan. Untuk mengukur keberhasilan pendidikan karakter dilakukan evaluasi menyeluruh yang terdiri dari: 1) Evaluasi konteks yang meliputi dasar kebijakan, persepsi kebutuhan dan tujuan program pendidikan karakter; 2) Evaluasi input yang meliputi perencanaan, strategi, desain struktur organisasi, prosedur pelaksanaan dan ketersediaan sumberdaya program pendidikan karakter; 3) Evaluasi proses yang meliputi koordinasi, implementasi dan pengawasan pelaksanaan program pendidikan karakter; dan 4) Evaluasi produk yang meliputi pencapaian dan dampak dari program pendidikan karakter. Evaluasi program pendidikan karakter dilakukan untuk memberikan penguatan, perbaikan dan mengukur keberhasilan pelaksanaan program pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh penyelenggara pendidikan.


Keywords


Pendidikan Karakter, Evaluasi Program

Full Text:

PDF

References


Albertus dan Doni Koesoema, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT.Grasindo, 2010.

Arikunto, Suharsimi, Cepi Safruddin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis, Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

David, James Mc. Laura R.L. Hawthorn, Key Concepts and Issues in Program Evaluation and Performance Measurement, Chafter 1. London: Sage Publications, Inc., 2005.

Djaali dan Puji Mulyono, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs UNJ, 2000.

Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif Dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Gunawan, Heri Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. 2012.

Kementrian Pendidikan Nasional, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011.

Khan, Yahya Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010.

Maman Dkk., Metedologi Penelitian Agama Teori Dan Praktek. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.

Menix, Kristi D., “Evaluation of Learning and Program Effectiveness”, the Journal of Continuing Education in Nursing, Vol. 30, No. 5 (2007): 203.

Miftah, Zainul Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Gema Pratama Pustaka, 2011.

Nafis, Farida Tayib, Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi Untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Saihu, “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi Di Jembrana Bali)”, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 08, No. 01 (2019): 69-90.

Scriven dalam E. Jane Dividson, Evaluation Methodology Basic. California Sage Publication Inc, 2005.

Stufflebeam Daniel L. and Anthony J. Shinkfield, Evaluation, Theory, Models & Applications. San Fransisco: John Wiley & Sons Inc., 2007.

Wirawan, Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2011.




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Isep Djuanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.