KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI SISWA (STUDI DI SD AZHARI CILANDAK JAKARTA)

Nurbaiti Nurbaiti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang hubungan antara kecanduan bermain game online terhadap karakter Islami siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Azhari, Cilandak Jakarta dengan menggunakan 52 siswa sebagai sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified simple random sampling dengan teknik analisis data korelasional sederhana. Instrument yang digunakan berupa tes dan angket. Validitas data dengan menggunakan koefisien korelasi (r) produk moment untuk angket dan koefisien korelasi point biserial untuk tes. Reliabilitas data dengan menggunakan KR 21 dan alpha cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan game online mempunyai nilai koefisien korelasi dengan karakter Islami siswa sebesar -0.946 dengan signifikansi 0.000. Nilai negative menunjukkan bahwa korelasi kecanduan game online mempunyai nilai berbanding terbalik dengan prestasi belajar siswa.  Hal ini berarti dengan semakin tinggi tingkat kecanduan siswa terhadap game online maka semakin rendah prestasi belajar siswa.


Keywords


Game online, Karakter, Siswa, Kecanduan

Full Text:

PDF

References


Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. “Research-Based Character Education”. The Annals of the American Academy of Political and Social Science, 591, (2004): 68-77.

Burgess, M. C. R., Stermer, S. P., & Burgess, S. R., “Sex, lies, and video games: The portrayal of male and female characters on video game covers”, Sex Roles 57 (2007): 419 – 433.

Dalyono, Bambang dan Lestariningsih, Enny Dw. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Sekolah.” Bangun Rekaprima 03,2 (2017): 33-34.

Edrizal. “Pengaruh Kecanduan Siswa Terhadap Game Online (Studi Tentang Kebiasaan Siswa Bermain Game Online) Di Smp N 3 Teluk Kuantan.” Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau 2,6 (2018) :1000-1010.

Eskasasnanda, I Dewa Putu. “Causes and Effect Of Online Video Game Playing Among Junior-Senior High School Students in Malang East Java.” Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture 9,2 (2017): 191 -202

Febriandari, Dona Fathra Annis Nauli, Siti Rahmalia H., “Hubungan Kecanduan Bermain Gameonline Terhadap Identitas diri Remaja,” Jurnal Keperawatan Jiwa, 4, No. 1 (2016): 50.

Ip, B, Jacobs, G., & Watkins, A., “Gaming frequency and academic performance”, Australasian Journal of Educational Technology 24, (2008): 355-373.

Kamaruddin SA..”Character Education and Students Social Behavior”, Journal of Education and Learning. 6, 4 (2012): 223-230.

Lee, Eun Jin “A Case Study of Internet Game Addiction,” Journal of Addiction Nursing, 22, No. 1 (2011): 208.

Pande, Ni Putu Arika Mulyasanti dan Marheni, Adijanti. “Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Kuta. Jurnal Psikologi Udayana 2, 2, (2015): 163-171.

Rachmah, Huriah. “Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.” E-Jurnal Widya on Eksakta 1,1 (2013): 7.

Safitri, Ani. “Pengaruh Budaya Hedonisme Terhadap Timbulnya Vandalisme Siswa SMK Tri Dharma 3 dan SMK YKTB 2 Bogor. Teknologi Pendidikan, Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, UIKA, Bogor 1, 2 (2012): 96-122.

Saihu, “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi Di Jembrana Bali)”, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 08, No. 01 (2019): 69-90.

Shin, N. “Exploring pathways from television viewing to academic achievement in school age children.” The Journal of Genetic Psychology 165 (2004): 367-381

Walters, Samantha. “Character Education: A Literature Review.” Temescal Asociates (2010):1-17

Wuryani, Djiwandono Sri Esti. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo 2002.

Wiyani, Novan Ardy. Membumikan Pendidikan Karakter di SD; Konsep, Praktik dan Strategi. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Materi Pelatihan Peningkatan Manajemen Melalui Penguatan Tata Kelola dan Akuntabilitas di Sekolah /Madrasah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama Republik Indonesia, 2010.




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurbaiti Nurbaiti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.