POLITIK PENDIDIKAN ISLAM INDONESIA: PERLAWANAN PESANTREN TERHADAP HEGEMONI PENDIDIKAN BARAT ERA KOLONIALISME BELANDA

Fatkhul Mubin, Abd Aziz

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan Bagaimanakah kebijakan Belanda dalam pendidikan Islam? Bagaimanakah eksistensi pendidikan pesantren di zaman kolonial Belanda? Bagaimanakah hegemoni pendidikan Belanda terhadap pendidikan pesantren? Hasil dari penelitian ini adalah Kebijakan pemerintah Hindia Belanda terhadap pendidikan Islam pada dasarnya bersifat menekan, karena dikhawatirkan akan menimbulkan militansi umat Islam terpelajar yang akan mengancam stabilitas pemerintahan kolonial Belanda. Bagi pemerintah Hindia Belanda, pendidikan tidak hanya bersifat pedagogis-kultural, tetapi juga bersifat pedagogis-politis. Eksistensi pesantren pada zaman kolonialisme Belanda, terkadang oleh kebijakan khusus penyelenggaraan pendidikan yang diberlakukan oleh pemerintah kolonial Belanda yang memang dimaksudkan untuk dijadikan sebagai instrumen yang ampuh untuk mengurangi dan akhirnya mengalahkan pengaruh Islam di Indonesia. Hal ini terlihat pada testimoni C. Snouck Hurgronje (1857-1936)  bahwa pada 1890, jumlah pendidikan pesantren bertambah, akan tetapi dua puluh tahun berikutnya disaksikan pendidikan Barat mulai meraih kemenangan dalam perlombaan melawan saingannya yang Islam. Hegemoni pendidikan Belanda dalam mengatur kebijakan pendidikan agama, khususnya yang digalakkan oleh pesantren di Indonesia meminjam kacamata Gramsci, berlandaskan pada nalar politis, ideologis dan kultural a la kolonialis untuk memaksakan pengaruh atas kepemerintahannya kepada pribumi Indonesia.


Keywords


Perlawanan Pesantren, Hegemoni Pendidikan, Kebijakan Pendidikan Belanda

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Anzar. “Perkembangan Pesantren dan Madrasah di Indonesia dari Masa Kolonila Sampai Orde Baru”. Paramita, Vol. 23. No. 2 (2013).

Arif, Mahmud, Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LkiS, 2008.

Aziz, Abd, “Landasan Pikir Perdebatan Eksistensi Bahasa Arab Fusha dan ‘Ammiyah”, Al-Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, Vol. 2, No. 1 (2019).

Balliauw, Matteo et.al., "A variable neighborhood search algorithm to generate piano fingerings for polyphonic sheet music," International Transactions in Operational Research, Vol. 24. No. 3 (2017).

Bocock, Robert, Pengantar Komprehensif untuk Memahami Hegemoni, terj. Ikramullah Mahyuddin. Yogyakarta: Jalasutra, 2007.

Boggs, C., Gramsci’s Marxism. London: Pluto Press. 1976.

Clark, M. Clark, Antonio Gramsci and The Revolution that Failed. New Haven: Yale University Press. 1977.

Cuervo, Daniel Palhazi, Peter Goos, dan Kenneth Sörensen, "Optimal design of large-scale screening experiments: a critical look at the coordinate-exchange algorithm," Statistics and Computing, Vol. 26. No. 1-2 (2016).

Dhofier, Zamakhsari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1981.

Faruk. Pengantar Studi Sastra, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Gramsci, Antonio, Selection From The Note Hoare and Nowel Smith (ed.). New York: Internasional Publishers, 1976.

Hasbullah. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia: Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.

Hasnida. “Sejarah Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia pada Masa Pra Kolonialisme dan Masa Kolonialisme (Belanda, Jepang, Sekutu), KORDINAT, Vol. XVI. No. 2 (2017).

Huda, Nur. Islam Nusantara: Sejarah Sosial Intelektual Islam di Indonesia. Yogtakarta: Arruz Media, 2007.

Irham. “Pesantren dan Perkembangan Politik Pendidikan Agama di Indonesia”. Ta’lim Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 13. No. 1 (2015).

Janssens, Jochen. et.al., "Multi-objective microzone-based vehicle routing for courier companies: From tactical to operational planning," European Journal of Operational Research, Vol. 242. No. 1 (2015).

Kafrawi, Ridwan, Pembaruan Sistem Pondok Pesantren. Jakarta: Cemara, 1978.

Maftuh. Kebijakan Poltik Pendidikan Hindia Belanda dan Implikasinya Bagi Pendidikan Islam. Tesis: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2009.

Maksum. Madrasah Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Maulida, Ali. “Dinamika dan Peran Pondok Pesantren dalam Pendidikan Islam Sejak Era Kolonialisme Hingga Masa Kini”. Edukasi Jurnal Pendidikan Islam. Vo. 05 (2016).

Mukodi. “Pesantren dan Pendidikan Politik DI Indonesia: Sebuah Reformulasi Kepemimpinan Islam Futuristik”. At-Tahrir. Vol. 16. No. 2 (2016).

Nasution, Sangkot. “Strategi Pendidikan Belanda pada Masa Kolonial di Indonesia”. Ihya’ al-‘Arabiyyah, Vol. VI, No. 2 (2016).

Saihu dan Taufik, “Perlindungan Hukum Bagi Guru”, Al-Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, Vol. 2, No. 1 (2019).

______, “Penanman Nilai-Nilai Pluralis melalui Model Pendidikan Transformative Learning pada Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Negara”, Kordinat, Vol XVIII, No. 1 (2019): 227-249.

Smith, S. & J. Baylis (eds). The Globalization of World Politics: An Introduction to International Relations. Oxford: Oxford University Press, 2001.

Simon, Roger, Gagasan-gagasan Politik Gramsci, terj. Kamdani dan Imam Baihaqi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Sörensen, Kenneth. "Metaheuristics—the metaphor exposed," International Transactions in Operational Research, Vol. 22. No. 1 (2015).

Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurikulum Modern. Jakarta: LP3ES. 1995.

Suminto, Aqib. Politik Islam Hindia Belanda. Jakarta: LP3ES, 1985.

Surakmad, Winamo, Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito, 1982.

Sutrisno, Budiono Hadi Sutrisno, Sejarah Wali Songo Misi Pengislaman di Tanah Jawa. Yogyakarta: GRAHA Pustaka. 2009.

Tamin AR, Zaini. “Pesantren dan Politik (Sinergi Pendidikan Pesantren dan Kepemimpian dalam Pandangan KH. M. Hasyim Asy’ari)”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3 No. 2. November 2015.

Untung, Moh. Slamet. “Kebijakan Kolonial Belanda Terhadap Pendidikan Pesantren”. Forum Tarbiyah, Vol. 11, No. 1 (2013).

Wahid, Abdurahman. Pesantren Sebagai Subkultur, dalam Dawam Rardjo (Ed). Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta: LP3ES, 1974.

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Hudaya Karya Agung, 1985.

Ziemek, Manfred. Pesantren dalam Perubahan Sosial, terj. Butche B. Soendjojo. Jakarta: P3M, 1986.




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fatkhul Mubin, Abd Aziz

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.