PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PRABALIG BERBASIS AL-QUR’AN
Abstract
Tulisan ini menjelaskan tentang pendidikan karakter anak prabalig berbasis Al-Qur’an. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Pendidikan karakter menjadi hal yang penting dan utama yang harus diberikan oleh orang tua. Dalam proses pendidikan karakter terdapat faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter anak terutama sebelum dewasa atau dalam kajian Islam disebut aqil balig. Istilah aqil balig adalah kondisi tercapainya kedewasaan psikologis, sosial, finansial, juga kedewasaan biologis dengan kematangan alat reproduksi serta kemampuan memikul tanggung jawab syariah. Dalam Al-Qur’an untuk membentuk karakter anak, harus dilakukan sebelum balig, tepatnya ketika seseorang memilih pasangan untuk pernikahan, karena dengan pasangan suami dan istri yang baik kromosom dan perilaku keduanya akan menghantarkan cikal bakal yang baik, sampai pada terlahirnya anak sampai usia balig. Fase ini menjadi fase penting untuk diberikan pendidikan karakter, karena pada fase ini berdasarkan neourosains dan psikologi anak membutuhkan kedekatan dan pendidikan karakter dari orang tua. Untuk itu orang tua harus mengetahui tahapan-tahapan usia anak agar dapat memberikan pendidikan dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’anul Karim
Al-Ashfahāniy, al-Rāghib, Mufradāt Alfāz al-Qur’ān, Cet. I; Damaskus: Dār al-Qalam. 1412 H. / 1992 M.
Al-Asqhalani, Ibnu Hajar, Fathul Bari, Penerjemah Amiruddin, Jakarta: Pustaka Azzam, 2011.
Abdullah Abu (Ibnu Qayyim al-Jauzi). Tuhfatul Maudud, Damaskus: Maktabah Dar al-Bayan, 1391/1971.
Ad-Dimasyqi, Isma’il bin ‘Umar bin Kasir al-Qurasyi, Tafsir Al-Qur’an al‘Azhim, juz IV , Beirut: Dar at-Tayyibah, 1999.
Adzim, Mohammad Faudzil, Positive Parenting, Asyik Jadi Orang Tua Bagi Para Ayah, Yogyakarta: Pro-U Media, 2005.
Allah, Muhammad ‘Athiyyat al-Qamus al-Islami, al-Qahirat: Maktabat an-Nahdhat al-Mishriyyat, tth.
Al-Ju’fi, Muhammad bin al-Bukhari, Shahih al-Bukhori, Beirut: Dar al-Fikr. 2009.
Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. Ihya’ Ulumuddin, Juz III. Beirut: Darul Fikr, 2008.
Al-Khawarazmi, Mahmud bin Umar az-ZamakhsyariTafsir al-Kasyaf, Beirut: Dar al-Ma’rifah, 2009.
Al-Maragi, Ahmad Musthāfa, Tafsīr al-Maragi, Bairut: Dār al-Fikr, 2006.
Al-Qurtubi, Abu Abdullah Syams ad-din, al-Jami’ li Ahkam Al-Qur’an, Riyad: Dar ‘Alim al-Kutub, 2003.
Aynun, Nur, Mendidik Anak Pra-Aqil Baligh, Jakarta: PT. Elek Media Komputindo. 2018.
An-Naisaburi, Abu al-Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi Sahih Muslim, Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah, tt.
Ar-Rifa’i, Muhammad Nasib, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Penerjemah Syihabuddin, Jakarta: Gema Insani press, 1999.
As-Sabuni, Muhamad Ali. 1980. at-Tibyan fi ‘Ulum Al-Qurán, Makkah, tp.
Jawad, Muhammad Abdul, Afala Ta’qilun: Menyingkap Fakta Baru dan Misteri Kehidupan Manusia, Jakarta: AMP Press. 2014.
Fathiyaturrahmah dan Safrudin Edi Wibowo, Peranan Ibu dalam Pendidikan Anak Perspektif Al-Quran, Jember: Madania Center Press, 2008.
Hamka. Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panji Mas, 1988.
Hude, M. Darwis. Logika Al-Quran, Jakarta: Eurobia, 2013.
Jalaludin, Mempersiapkan Anak Saleh: Telaah Pendidikan Terhadap Sunnah Rasul Allah Saw, tt, ttp, tt.
Lestari, Ayu. 2019. "Manfaat Al-Qur’an untuk Janin” (https://izi.or.id/tag/manfaat-al-quran-untuk-janin/, diakses 23 Juli 2019 pukul 01.05)
Mahmud, Psikologi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia. 2010.
Majlis Ulama Indonesia, Haid dan Kesehatan menurut Ajaran Islam, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional, 2016.
Masnipal, Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
Miskawaih, Ibn. Menuju Kesempurnaan Aklak: Buku Daras Pertama tentang Filsafat Etika, diterjemahkan oleh Helmi Hidayat dari judul Tahdzibal-Akhlak, Jakarta: Mizan, 1998.
Muslim, Imam. Shahih Muslim, Beirut, Libanon: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1996.
Nurmiati dan Besral, “Durasi Pemberian Asi terhadap Ketahanan Hidup Bayi di Indonesia”, Jurnal Makara Kesehatan, Vol. 12, No. 2 (2008).
Nurwahyudi, Masrul Isroni, ”Konsep Raḍā’ah Dalam Al-Quran (Kajian Tafsir Tematik Ayat-Ayat tentang Menyusui Bayi dalam Perspektif Mufassir Dan Sains)”, Jurnal QAF, Vol. 1, No. 2 (2017).
Rhidha, Rasyid, Fiqh Islam, Jakarta: at-Thahiriyah, 1954.
Rossidy, Imron, “Analisis Kompararif Tentang Konsep Pendidikan Anak” Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah Dan al-Ghazali: Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam Kontemporer, Jurnal el Qudwah. 2010.
Ruhana, Amalia. “Pengaruh Waktu dan Suhu Penyimpanan Terhadap Kadar Asam Amino Taurin pada ASI”, Indonesian Journal of Human Nutrition, Vol. 3, No. 2 (2016).
Sahabuddin, dkk., Ensiklopedia al-Qur’an: Kajian Kosakata, Jakarta: Lentera Hati, 2010.
Saihu, “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi di Jembrana Bali), Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol: 08, No, 01 (2019): 70-71.
Santosa, Harry, Fitrah Based Education: Mengembalikan Pendidikan Sejati Selaras Fitrah, Misi Hidup dan Tujuan Hidup, Bekasi: Cahaya Mutiara Timur, 2017.
Sapuri, Rafi, Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modern, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Slavin, Robert E., Psikologi Pendidikan, Penerjemah Marianto Samosir dengan judul buku Educational Psychology: Theory and Practice, Jakarta: Indeks, 2017.
Sopiatin, Popi, Psikologi Belajar dalam Perspektif Islam, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati, 2009.
Suyadi, Psikologi Belajar Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pedagogi, 2010.
Syamsuddin, Muhammad bin Abu Bakar bin Ayyub bin Saad bin Huraiz az-Zar’i ad-Dimasyqi
Ulwan, Abdullah Nashih, Tarbiyah al- Aulad: Pendidikan Anak dalam Islam, Penerjemah Emiel Ahmad, Jakarta: Khatulistiwa Press, 2013.
Zahira, Zahra, Islamic Montessori: Panduan Mendidik Anak dengan Metode Montessori dan Pendekatan Nilai-nilai Islami untuk Usia Anak 0-3 Tahun, Jakarta: Anakkita, 2019.
Zahrah, Abu Muhammad. Ushul al-Fiqh, Beirut: Dar al-Fikr, tt.
Zakariya, Abi al-Husain Ahmad bin Fāris, Mu’jam al-Māqayīs fī al-Lughah, Cet. I; Beirūt, Lubnān: Dār al-Fikr, 1415 H. /1994 M.
Zubaedi, Strategi Taktis Pendidikan Karakter untuk PAUD dan Sekolah, Depok: Rajagrafindo Persada, 2017.
DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.47
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Aas Siti Sholichah, Akhmad Shunhaji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.