IMPLEMENTASI KAMPUS ISLAMI ATAS MUTU PENDIDIKAN PADA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA)

Adlan Fauzi Lubis, Rakha Pratama

Abstract


ABSTRACK

One of the problems in the University of Muhammadiyah Jakarta is the low implementation of Islamic and Muhammadiyah values in the campus environment. Even though UMJ has made an Islamic campus program by issuing Rector Regulation No. 372 of 2018 About the Islamic campus. This study aims to determine the implementation of Islamic campuses in the practice of Islamic and Muhammadiyah values. This study uses a qualitative method. The results showed that the input of the Islamic campus at the University of Muhammadiyah Jakarta in planning was quite good with the existence of the PTM / PTA SPMI Guidelines and strengthened by the Rector's Regulation Number: 372 of 2018 concerning Islamic Campus, the process of implementing Islamic campuses was still lacking attention. Because there are many obstacles faced, such as human resources that are not yet certified so that in implementation such as mentoring the Al-Quran students are not optimal. The campus environment is still a lot of smokers, because LPP AIK cannot have sufficient power to control all activities on the campus. Outcame / Output refers to indicators of the implementation of Islamic campuses. However, we cannot feel it now because it is still in the process of implementation. To see the improvement of this Islamic campus program, it can be seen from the evaluation stages conducted by LPP AIK UMJ. This study concludes that the Islamic campus program from the perspective of the quality of education is good.

 

Keyword: Implementation AIK, Islamic Campus, , Quality of Education

 

ABSTRAK

Salah  satu  permasalahan  di  lingkungan  Universitas  Muhammadiyah  Jakarta  adalah rendahnya implementasi nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan  di  lingkungan  kampus. Padahal UMJ telah membuat program kampus islami dengan menerebitkan Peraturan Rektor No. 372 Tahun 2018 Tentang kampus islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kampus islami dalam pengamalan nilai-nilai  keislaman dan kemuhammadiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Input kampus islami di Universitas Muhammadiyah Jakarta dalam perencanannya sudah cukup baik dengan adanya Pedoman SPMI PTM/PTA serta diperkuat dengan Peraturan Rektor Nomer : 372 Tahun 2018 Tentang Kampus Islami, Proses implementasi kampus islami  masih kurang diperhatikan. Karena banyak kendala yang dihadapi seperti SDM yang belum banyak tersertifikasi sehingga dalam pelaksanaan seperti mentoring Al-Quran mahasiswa belum maksimal. Lingkungan kampus masih banyak perokok, karena LPP AIK tidak bisa memiliki kekuatan yang cukup untuk mengontrol seluruh kegiatan yang ada dikampus. Outcame/Output merujuk pada indikator dari penerapan kampus islami. Namun hal itu belum bisa kita rasakan sekarang karena masih dalam proses penerapan. Untuk melihat peningkatan dari program kampus islami ini, bisa dilihat dari tahapan evaluasi yang dilakukan LPP AIK UMJ. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program kampus islami dari perspektif mutu pendidikan sudah baik.

 

Keyword: Implementasi AIK, Kampus Islami, Mutu Pendidikan


Keywords


Implementasi AIK, Kampus Islami, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Al-Quran & Terjemahan, Departemen Agama RI

Ambarita, Biner. “ Strategi Perguruan Tinggi dalam Meningkatakan Mutu Pendidikan “, dalam (Generasi Kampus), Vol 2, No 1, April 2009 (Jurnal)

Fatah, Nanang.2013. Analisis Kebijakan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

https://umj.ac.id/sejarah/ Akses 07 Januari 2021

https://umj.ac.id/visi-misi/

Jamin, Ahmad. “ Pendidikan Islam Sebagai Sebuah Sistem (transformasi Input Menuju Output Yang Berkarakter) “. Jurnal Islamika, Volume 15 Nomor 2 Tahun 2015.

KBBI V

Lihat dalam Wikipedia.org, “ Daftar Perguruaan Tinggi Muhammdiyah “, Wikipedia (Online) https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_perguruan_tinggi_Muhammadiyah (Akses 20 Feb 2021)

Lovelock, Christopher. H dan Wright, Lauren. K.,2005. Manajemen Pemasaran Jasa. New York: Indeks.

Ma'arif, Muhammad Anas. “ Pendidikan islam dan Tantangan Modernitas (Input, Proses Dan Output pendidikan di Madrasah) “. Jurnal Nidhomul Haq Vol 1 No: 2 Juli 2016 ISSN 2503-1481

Me;eong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, Cet. Ke-36

Miswanto, Agus. 2012. Sejarah Islam dan Kemuhammdiyahan. Magelang: P3SI UMM.

Muhammdiyah.Id, " Enam Perguruan Tinggi Muhammdiyah duduki 20 Besar PTS Terbaik Se Indonesia" Yogjakarta, Jumat 14 Febuari 2020, Umm.ac.id

Muslim, Abdul Aziz. Pemanfaatan Masjid Kampus Sebagai Sarana Ibadah Dan Laboratorium Intelektual Mahasiswa Di Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar. Malang : Prosiding Seminar Nasional Umn Tahun 2015

Noveriyanto, Implementasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Melalui Kegiatan Mentoring Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Jurnal An-Nizom, Vol, 4, No 1 2019

Nurroni, Andi. " Isi Gagasan 'Islam Berkemajuan' Muhammadiyah ". Republika.co.id (Media Online) 27 juli 2015) akses 30 mei 2020.

Oktaviasari, Aining. Evaluasi Program Penyelenggaraan Makanan Di Madrasah Mu`Allimin Muhammadiyah Yogjakarta. Yogjakarta : Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta 2015.

Pedoman SPMI PTM/PTA, 2018. Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi Muhammadiyah Perguruan Tinggi ‘Aisyiyah, Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Peraturan Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Nomor : 372 Tahun 2018 Tentang Kampus Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pratiwi, Indah. “ Efek Program PISA Terhadapat Kurikulum di Indonesia “. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 4, Nomor 1, Juni 2019

Surya Permana, Nana dan Imroatun, 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Banten: FTK Banten Press.

Tamrin, Muhammad. Al-Islam Dan Kemuhadiyahan (Aik) Pilar Dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin (Studi Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Di Ntt), Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol.2 No.1 Januari 2019

Tanfidz Keputusan Muktamar Muhammdiyah Ke-47. Yogjakarta : PP Muhammdiyah. 2015

Tohirin, “ Konsep Dan Implementasi Pendidikan Karakter DI Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta “, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, Volume 14, Nomor 2, Agustus 2016

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003

Wibawa, Sutrisna. “ Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat) “, Disampaikan dalam Rapat Perancanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri Yogjakarta, 29 Maret 2017

Yahya, Fata Asyrofi. “ Problem Manajemen Pesantren, Sekolah, Madrasah: Problem Mutu Dan Kualitas Input-Proses-Output “. Jurnal eL-Tarbawi, Volume VIII No. 1. 2015

Yudi, Alex Aldha. " Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau dari Segi Sarana dan Prasarana (Sarana dan Prasarana PPLP) ". Cerdas Sifa, Edisi No.1. Mei – Agustus 2012




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v4i01.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Adlan Fauzi Lubis, Rakha Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.