PERAN PENGASUHAN ORANGTUA TERHADAP PERILAKU ANAK USIA DINI: SURVEY PADA ORANGTUA DI SPS RENGGALI

Mumun Mulyati

Abstract


Peranan orang tua sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak. Orang tua dianjurkan untuk dapat mengikuti kegiatan parenting yang dilaksanakan dalam kegiatan sekolah satuan Pendidikan PAUD sejenis (SPS) Renggali agar anak dapat berkarakter baik dan berahlak mulia diperlukan para orang tua pembiasaan menerapkan pengasuhan Pendidikan yang baik untuk membentuk karakter anak. Para orang tua agar terlibat dalam   kemampuan parenting. Namun realita yang ada di SPS Renggali menunjukan peran pengasuhan orang tua dalam membentuk karakter anak usia dini masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengasuhan orang tua terhadap anak yang berpengaruh pada perilaku anak. Perilaku anak yang muncul ini selanjutnya membentuk karakter seorang anak. Penelitian dilaksanakan pada orangtua anak sekolah satuan Pendidikan paud sejenis (SPS) Renggali di Kelurahan Aren Jaya Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran pengasuhan orangtua dengan gaya otoriter memunculkan perilaku anak berupa perilaku suka marah-marah tanpa sebab, sering mengejek temannya, dan sebagian anak suka menyuruh meskipun tahu orangtuanya sedang sakit; 2) Peran pengasuhan dengan gaya demokratis memunculkan perilaku anak berupa sopan terhadap semua orang, mau bergaul dengan teman tanpa pilih – pilih, dan perhatian kepada orang tua atau saudara apabila sedang sakit; 3) Peran pengasuhan dengan gaya permisif  memunculkan perilaku anak berupa tidak peduli dengan lingkungannya, lebih senang main games di HP daripada main dengan teman, tidak perduli ketika melihat ibu/ayahnya sakit. Hasil temuan dalam penelitian ini memberikan gambaran bahwa peran pengasuhan orangtua atau parenting sangat berpengaruh terhadap perilaku anak

Keywords


Peranan Orangtua; Pola Asuh; Parenting; Perilaku Anak

Full Text:

PDF

References


Ashu, Brandon Felix. “The Role of Parents in Early Childhood Education in Cameroon,” 2012, 55.

Chang, Robert M, Lia Dean, Helen Egger, Robert Emde, Walter Gilliam, Mary Margaret Gleason, Brenda Jones Harden, et al. “Taking a Global View on Infants, Toddlers, and Their Families.” Zero to Three 38, no. 4 (2018): 1–83.

Grindal, Todd, Jocelyn Bonnes Bowne, Hirokazu Yoshikawa, Holly S. Schindler, Greg J. Duncan, Katherine Magnuson, and Jack P. Shonkoff. “The Added Impact of Parenting Education in Early Childhood Education Programs: A Meta-Analysis.” Children and Youth Services Review 70 (2016): 238–49. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2016.09.018.

Islamy, Athoilah, Dwi Puji Lestari, Saihu Saihu, and Nurul Istiani. “Pembiasaan Ritualitas Kolektif Dalam Pembentukkan Sikap Sosial Religius Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Islam Az Zahra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan).” EDUCANDUM 6, no. 2 (2020): 175–81.

Knauer, Heather A., Emily J. Ozer, William H. Dow, and Lia C.H. Fernald. “Parenting Quality at Two Developmental Periods in Early Childhood and Their Association with Child Development.” Early Childhood Research Quarterly, 2018. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.08.009.

Landry, Susan H., Karen E. Smith, and Paul R. Swank. “The Importance of Parenting During Early Childhood for School-Age Development.” Developmental Neuropsychology 24, no. 2–3 (2003): 559–91. https://doi.org/10.1207/s15326942dn242&3_04.

Morris, Amanda Sheffield, Lara R. Robinson, Jennifer Hays-Grudo, Angelika H. Claussen, Sophie A. Hartwig, and Amy E. Treat. “Targeting Parenting in Early Childhood: A Public Health Approach to Improve Outcomes for Children Living in Poverty.” Physiology & Behavior 176, no. 3 (2017): 139–48. https://doi.org/10.1016/j.physbeh.2017.03.040.

NAEYC. “Early Childhood Curriculum, Assessment, and Program Evaluation,” 2003.

Permana, I Made Dian, and David Hizkia Tobing. “Peran Intensitas Bermain Game Online Dan Pola Asuh Permisif Orangtua Terhadap Tingkat Agresivitas Pada Remaja Awal Di Kota Denpasar.” Jurnal Psikologi Udayana 6, no. 1 (2019): 139–51.

Permendikbud. Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan, Pub. L. No. 30 (2018).

Saihu, Made, and Nasaruddin Umar. “The Humanization of Early Children Education.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13, no. 1 (2021): 173–85.

Saihu, and Cemal Sahin. “The Harmonious Dialectics Between Hindu-Muslim in Bali (A Study in Jembrana Regency) Saihu.” Religia: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 23, no. 1 (2020): 56–80.

SISDIKNAS, UU. “Undang-Undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003,” no. 1 (2003).

UUD, Pub. L. No. Pasal 31 (1945).




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v4i01.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mumun Mulyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.