STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK AMRAN MAHMUD DALAM KEMENANGAN PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN WAJO 2019-2024

Suci Emelsi Jeffri

Abstract


Komunikasi politik memiliki cakupan yang luas dan banyak aspek yang bisa dikaji. Salah satunya adalah upaya Amran Mahmud memiliki strategi komunikasi politik pada pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Wajo untuk periode 2019-2024 ditengah sengketa gugatan hukum secara perdata yang terjadi dalam proses kemenangan pemilihan umum kepala daerah yang ditujukan kepada calon wakilnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi politik yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan evaluasi komunikasi politik yang digunakan dalam kemenangan pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Wajo 2019-2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, serta pengambilan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan diuji keabsahan datanya melalui trianggulasi sumber. Hasil penelitian bahwa strategi komunikasi politik Amran Mahmud sebagai komunikator politik menggunakan strategi perencanaan komunikasi politik dengan menetapkan positioning, branding; segmenting; dukungan, dan anggaran. Tindakan komunikasi politik yang dilakukan melalui pendekatan secara langsung tatap muka, membentuk relawan dan komunitas serta menjalin hubungan baik kepada seluruh stake holders yang terkait. Evaluasi komunikasi politik dengan kekuatan strategi komunikasi politik pada personal branding yang dimiliki Amran Mahmud sebagai pribadi yang santun dan mudah ditemui.

Keywords


Strategi; Komunikasi Politik; Kemenangan; Pemilukada

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. Komunikasi Politik: Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi, Dan Komunikasi Politik Indonesia. Graha Ilmu, 2011.

Cangara, H. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.

Damsar, Damsar. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

Djamarah, S. B., and A. Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Effendy, O.U. Ilmu Komunikasi, Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Hasandinata, N. S. “Afirmasi, Komunikasi Politik Perempuan: Jelang Pemilu 2014.” Observasi II (2013): 148.

Junaedi, F. Komunikasi Politik: Teori, Aplikasi Dan Strategi Di Indonesia. 2013: Buku Lentera, 2013.

Mahyudin, Alfian. Menjadi Pemimpin Politik: Perbincangan Kepemimpinan Dan Kekuasaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Morissan, Morissan. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Muhamad, BurhanudiN A, and Nani Nurani Muksin. “CREDIBILITY AND POLITICAL COMMUNICATION OF MUHAMMAD SINEN, DEPUTY MAYOR OF TIDORE ISLAND FOR 2015-2020 PERIOD.” Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis 2, no. 1 (2019).

Muhammad, A. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Muksin, Nani Nurani. “KREDIBILTAS KOMUNIKATOR POLITIK BASUKI TJAHAYA PURNAMA ‘AHOK’ SEBAGAI GUBERNUR PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA.” Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis 1, no. 2 (2018).

Mulyana, D. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya, 2010.

Nimmo, D. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Rakhmat, J. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

S., Anriani. Intelijen Dan Pilkada: Pendekatan Strategis Menghadapi Dinamika Pemilu. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018.

S., AW. Komnikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Saihu, Made, and Nasaruddin Umar. “The Humanization of Early Children Education.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13, no. 1 (2021): 173–85.

Saihu, and Cemal Sahin. “The Harmonious Dialectics Between Hindu-Muslim in Bali (A Study in Jembrana Regency) Saihu.” Religia: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 23, no. 1 (2020): 56–80.

Saihu, Saihu. “Pendidikan Islam Di Era Pluralitas Agama Dan Budaya: Sebuah Kajian Resolusi Konflik Melalui Model Pendidikan Plrualisme.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2020): 317–30.

Shoelhi. Komunikasi Internasional Perspektif Jurnalistik. Bandung: Sambiosa Rekatama Media, 2009.

Soeharto. Komunikasi Pembelajaran. Surabaya: SIC, 2003.

Susanto, Eko Harry. “Dinamika Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Umum.” Jurnal Kajian Komunikasi 1, no. 2 (2013): 163–72.

Syarbaini, Syahrial, and Doddy Wihardi Rusdianta. “Pengetahuan Dasar Ilmu Politik.” Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Wahid, Umaimah. “Komunikasi Politik: Teori, Konsep, Dan Aplikasi Pada Era Media Baru.” Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016.

West, R L, and L H Turner. Introducing Communication Theory: Analysis and Application. McGraw-Hill, 2004. https://books.google.co.id/books?id=cyQLkgEACAAJ.




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v4i01.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Suci Emelsi Jeffri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.