SIGNIFIKANSI PENERAPAN METODE CERITA BERNUANSA ISLAMI DALAM MENUMBUHKAN KEDEWASAAN BERAGAMA BAGI ANAK MILENIAL

Ahmad Masruri

Abstract


Penelitian ini ini membahas Penerapan Metode Cerita Islami Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Kdewasaan Beragama Bagi Anak Milenial siswa kelas IX SMP. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, salah satunya adalah penerapan metode cerita Islami pada pembelajaran PAI dalam membentuk Kedewasaan Beragama siswa sebagai wujud pengajaran yang memberikan contoh nyata kepada peserta didik melalui tokoh cerita. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan  penerapan metode cerita Islami pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kedewasaan beragama siswa kelas IX SMP Islam Al-Ikhlas tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian lapangan  menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu data-data yang ada berupa kata-kata bukan berupa angka atau data statistik. Dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan Kajian pustaka dan Penelitian lapangan, untuk melengkapi data-data yang ada penulis menggunakan beberapa metode: metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Cerita Islami Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kedewasaan bragama siswa kelas IX SMP Islam Al-Ikhlas tahun ajaran 2020/2021 yang diklasifikasikan pada Persiapan Penerapan Metode Cerita, Materi untuk Penerapan Metode Cerita dan Penyampaian Metode Cerita, Alat Peraga untuk Penerapan Metode Cerita dan Evaluasi Penerapan Metode Cerita. Sedangkan penerapan Metode Cerita Islami Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam menumbuhkan kedewasaan bragama siswa kelas IX SMP Islam Al-Ikhlas memiliki faktor-faktor penunjang antara lain Pendidik, Lingkungan dan Sumber belajar. Disamping itu juga memiliki faktor-faktor penghambat antara lain Hambatan Pengelolaan Kelas, Hambatan Evaluasi dan Hambatan Alat untuk Bercerita. Faktor penunjang dan penghambat hingga saat ini saling beriring.

Keywords


Cerita Islam; Metode; Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aziz, Abdul Majid. Abdul. Mendidik Dengan Cerita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Ali, Muhammad. Teologi Pluralis-Multikultural Menghargai Kemajemukan Menjalin Kebersamaan. Jakarta: Kompas Media Nusantara. 2003.

Al-hufy, Ahmad Muhammad. Akhlak Nabi Muhammad Saw Keluhuran dan Kemuliaannya, Terj. Masdar Helmi, Cet. II. Jakarta: Bulan Bintang, 1997.

Arif. Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arifin. M. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Dariyo, Agoes. Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: PT: Refika Aditama, 2011.

DS, Agus. Tips Jitu Mendongeng. Yogyakarta: Kanisius, 2009.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo, 2012.

Fadhilah. Muhammad. Desain Pembelajaran Paud. Jogyakarta: Ar Ruzz media, 2012.

Fikri, Ali. Jejak-Jejak Para Nabi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Hasan, Chalidjiah. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan, Surabaya: Al Ikhlas, 1994.

Hamalik. Oemar. Kurukulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Hidayat, Andi. “Metode Pendidikan Islam Untuk Generasi Millenial.” Fenomena, Jurnal Penelitian, 10, no 1 (2018)

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, dikutip dari www.bahasa.kemdiknas.go.id diakses pada 25 Juni 202020, pukul.20.00 wib

Langgulung. Hasan, Manusia dan Pendidikan Suatu Analisis Psikologis. Jakarta: alHusna, 1986.

Majid, Abdul Aziz Abdul, Mendidik Dengan Cerita, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2001.

_______, Mendidik Dengan Cerita, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2008.

M, Yaumi, Model Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran: Suatu Pengantar. Makasar: Alauddin University Press. 2015.

Marzuki, Metodologi Riset. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi-UII, 1983.

Meity. Idris. Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Dini melalui Mendongeng. Jakarta Timur : PT.luxima metro media, 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2010.

Moeslichatoen, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Muhajir, Noeng. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rake Sarasia, 1996.

Mulyasa. Dedi. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam. Cet.ke-4. Jakarta: Logos Wacana, 2001.

Panjaitan. “Pengaruh Sosial Media Terhadap Produktivitas Kerja Generasi Millenial.” Jurnal Administrasi Bisnis 3, no. 6 (2017).

R. Moeslichatoen. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Rieka Cipta: 2004

Saihu, Made. Merawat Pluralisme Merawat Indonesia (Potret Pendidikan Pluralisme Agama di Jembrana-Bali). Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Saihu, Saihu. “Konsep Manusia Dan Implementasinya Dalam Perumusan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Murtadha Muthahhari.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2019): 197–217. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.54.

———. “Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 82–95. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76.

Sa’id Mursy, Muhammad. Seni Mendidik Anak. Jakarta: Arroyan, 2001.

Soekanto, Seni Bercerita Islami. Cet.ke-2. Jakarta: Bina Mitra Press, 2001.

Sugono. Dendy, dkk., Kamus Besar Bahasa Indonesi. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Sukintaka, Teori pendidikan Jasmani Filosofi Pembelajaran & Masa Depan. Bandung: Nuansa, 2004.

Surya Putra, Yanuar. ”Teori Perbedaan Generasi.” Jurnal STIEMA 3, no 2 (2017).

Suyadi. Manajemen Paud. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v4i01.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Masruri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.