HORIZON METODOLOGIS HISTORIS KRITIS RIFFAT HASSAN DALAM MEMAHAMI AYAT GENDER

Sulastri Sulastri

Abstract


Tulisan ini menjelaskan tentang metode historis kritis kontekstual Riffat Hasan dalam menafsirkan ulang ayat al-Quran, yang berkaitan dengan perempuan. Ia memiliki orientasi quranik yang kuat dan kritis dalam memahami teks-teks tersebut. Asumsi teologis menyebabkan terjadinya sikap diskriminatif dan bahkan misoginis terhadap perempuan. Metodologi yang digunakan dalam tulisan ini adalah metodologi kualitatif deskriptif. Untuk menafsirkan ayat-ayat al-Quran yang dapat dipandang ‘steril’ dari bias gender, Riffat Hassan mencoba menawarkan konstruksi metode penafsiran baru yaitu metode historis kritis-kontekstual. Adapun cara kerja metode ini adalah Pertama, dengan memeriksa ketepatan makna kata atau bahasa (language accuracy), yaitu dengan melihat terlebih dulu secara kritis sejarah kata dan akar katanya sesuai dengan konteks pada waktu itu. Selanjutnya Riffat melihat dengan analisis semantiknya (yang berkaitan dengan arti kata), bagaimana konteks saat itu dan bagaimana kondisi sosio kulturalnya. Kedua, melakukan pengujian atas konsistensi filosofis dari penafsiran-penafsiran yang telah ada. Ketiga, prinsip etis dengan didasarkan pada prinsip keadilan yang merupakan pencerminan dari Justice of God. Implikasi teoretis metode yang ditawarkan Riffat Hassan adalah Teori Penciptaan (Theory of Creation), Kedudukan Perempuan, Konsep Poligami, Teori Sistem Cadar

Keywords


Metodologi, Tafsir, Historis, Kontekstual, Gender

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Pendekatan Feminis Terhadap Penafsiran Al-Qur’an; Studi Atas Pemikiran KH. Husein Muhammad Tentang Ayat-Ayat Gender Dalam Al-Qur’an. digilib.uinsby.ac.id, 2019. http://digilib.uinsby.ac.id/29977/.

Abu Qasim Mahmud Ibnu Umar Al-Zamakhsyari. Abu Qasim Mahmud Ibnu Umar, Al-Kasyyaf an Haqa’iq at-Tanzil Wa Al-Uyun Al-Aqawil Fi Wujuh at-Ta’wil. Beirut: Dar al-fikr, 1977.

adz-Dzahabi, Abu Abdillah Muhammad Ibnu Ahmad Ibnu Usman. Mizan Al-l ’tidal Si Naqdi Ar-Rijal. Edited by Ali Muhammad Al-Bajawi. Beirut: Dar al-Fikr, n.d.

Aikhenvald, Alexandra Y. “Noun Categorization Devices.” Genders and Classifiers. Oxford University Press, 2019. https://doi.org/10.1093/oso/9780198842019.003.0001.

Al-Alūsi. Rūh Al-Ma’āni Fi Tafsir Al-Quran Al-Adhim Wa Sab’i Al-Matsani. Dar al-Fikr, n.d.

Alfi, A M. Relevansi Asbāb Al-Nuzūl Dalam Tafsir Āyāt Al-Aḥkām Karya Abil Fadhol as-Senory. digilib.uinsby.ac.id, 2020. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45145.

Alias, B, M A Yakob, R Saidon, and ... “Analisis Isu Gender Berdasarkan Al-Quran Bagi Menangkis Tuntutan Persamaan Hak Antara Lelaki Dan Wanita.” Journal of Contempory …, 2020. https://ir.uitm.edu.my/id/eprint/42975/.

Anam, H F. “Tafsir Feminisme Islam.” MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2019. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/maghza/article/view/3071.

Andika, M. “Reinterpretasi Ayat Gender Dalam Memahami Relasi Laki-Laki Dan Perempuan (Sebuah Kajian Kontekstual Dalam Penafsiran).” Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam, 2018. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/MUSAWA/article/view/1310.

Andriasari, D. “Membaca Ulang Teks Al-Quran Dalam Perspektif Feminisme Serta Pengaruhnya Terhadap Akses Keadilan Sosial Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Syari’ah, Perundang-Undangan, 2019. https://www.journal.iainlangsa.ac.id/index.php/jurisprudensi/article/view/1193.

Arimbi, D A. “Politicizing Piety: Women’s Rights and Roles in the Tarbiyah Movement in Indonesia.” Religious Studies and Theology …, 2018. https://repository.unair.ac.id/86450/.

Aș-Sabuni, Muhammad Ali. Rawai u Al-Bayan, Tafsir Ayat Al-Ahkam Min Al-Quran. Beirut: Dar al-Fikr, n.d.

As-Salih, Subhi. Mabahits Fi Ulum Al-Quran. Beirut: Dar al-Fikr, 1974.

Aulassyahied, Q. “Meninjau Kembali Gugatan Feminisme Terhadap Institusi Rumah Tangga Dan Dalil Bias Gender Dari Perspektif Islam.” Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam. researchgate.net, 2019. https://www.researchgate.net/profile/Qaem-Aulassyahied/publication/332771614_Meninjau_Kembali_Gugatan_Feminisme_Terhadap_Institusi_Rumah_Tangga_dan_Dalil_Bias_Gender_dari_Perspektif_Islam/links/5ff74aa1299bf140887d64c1/Meninjau-Kembali-Gugatan-Feminisme-T.

Awwaliyah, N M. “Pemikiran Hermeneutika Muhammad Syahrur Tentang Konsep Jilbab Dalam Al-Qur’an.” Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 2019. https://www.jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/37.

Az-Zuhaili, Wahbah. Al-Quran Al-Karim Bunyatuhu at-Tasyri Iyyah, Wa Khasa’işuhu Al-Hadariyyah. Beirut: Dar al-fikr, 1993.

Aziz, Abd. “Refresentasi Semiotika Al-Quran.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman 5, no. 01 (2021): 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/mumtaz.v5i01.173.

Aziz, Abd, and Yuan Martina Dinata. “Bahasa Arab Modern Dan Kontemporer; Kontinuitas Dan Perubahan.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman 3, no. 2 (October 21, 2019): 152–68. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i2.38.

Bukhori, Evi Muzaiyidah. “Poligami Dalam Metode Tafsir Al-Qur’an Muhammad Shahrour.” An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman 14, no. 1 (2021). https://doi.org/10.35719/annisa.v14i1.53.

Dalihan, A. Al-Qur’an Dan Cadar: Studi Kasus Komunitas Niqab Squad Jakarta. repository.uinjkt.ac.id, 2020. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/53791.

Dzahabi, M. Husein. Al-Tafsir Wa Al-Mufassirun. Vol. 1. 1.1p: Tp, 1979.

Fathonah, P. “Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Teori Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2018. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/article/view/1860.

Gadamer, Hans-George. Truth and Method. New York and London: Continuum, 1975.

Ghufron, A. “Kepemimpinan Keluarga Perspektif Feminisme Islam (Penafsiran Fatimah Mernissi Dan Riffat Hassan Terhadap Qs. An-Nisa: 34).” AL-THIQAH: Jurnal Ilmu Keislaman, 2020. http://ejurnal.stiuda.ac.id/index.php/althiqah/article/view/33.

Hafidz, Wardah. “Feminisme Islam.” Majalah Suara Hidayatullah, 1996.

Handoko, A. “Kritik Perkembangan Teori Tafsir Akademisi Pada Perguruan Tinggi Agama Islam Di Indonesia.” Mizan: Journal of Islamic Law, 2019. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/mizan/article/view/490.

Hasan, Riffat. “Feminisme Dan Al-Quran Sebuah Percakapan Dengan Riffat Hassan.” Ulumul Quran II (1990).

Hassan, Riffat. Womens’s and Men’s Liberation Testimonies of Spirit. New York: Grenwood Press, 1991.

Hidayah, N. “How Reformist Islamic Theology Influences Muslim Women’s Movement: The Case of Liberal-Progressive Muslims in Indonesia.” Journal of Asian Social Science Research, 2020. http://cassr.net/jassr/index.php/jassr/article/view/15.

Husniyah, N I. “Konsep Purdah Perspektif Riffat Hassan.” Akademika, 2018. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/akademika/article/view/148.

Ilyas, Yunahar. Feminisme Dalam Kajian Tafsir Al-Quran, Klasik Dan Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.

Iqbal, Muhammad. Reconstruction of Religious Thought in Islam. Lahore: Syaikh Muhammad Ashraf, 1977.

———. Rekonstruksi Pemikiran Religius Dalam Islam. Translated by Hawasi and Musa Kazhim. Bandung: PT Mizan Publika, 2016.

Junaedi, D, M Muhammadong, and ... “Metodologi Tafsir Amina Wadud Dalam Menafsirkan Al-Qur’an.” Ta’dib: Jurnal …, 2019. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/5229.

Khalafullah, Ahmad Muhammad. Al-Fannul Qașaș Fil Quran. Mesir: Maktabah al-Anjlu, n.d.

Khan, Madzharul Haq. Wanita Korban Patologi Sosial. Translated by Luqman Hakim. Jakarta: Pustaka, 1994.

Lailata, Afida, and Ibrahim malik. “Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.” Al-Mazahib 2, no. 2 (2014): 405–26.

Mernissi, Fatima, and Riffat Hassan. Setara Di Hadapan Allah: Relasi Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Tradisi Islam Pasca Patriarkhi. Yogyakarta: Yayasan Prakarsa, 1995.

Muhadjir, Noeng. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Rake Sarasin, 2016.

———. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Andi Ofset, 2012.

Muhtadin, Ade Marhamah. “Hadits Misoginis Perspektif Gender Dan Feminisme.” At-Tibyan 2, no. 2 (2019). https://doi.org/10.30631/atb.v2i2.1.

Murni, D. Hak Seksual Dalam Perspektif Al-Quran. repository.ptiq.ac.id, 2020. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/150/.

Muslim, Mushthafa. Mabahis Fi Al-Tafsir Al-Maudu’i. Damaskus: Dar al-Qalam, 1997.

Mustaqim, Abdul. “Kajian Kritis Dengan Pendekatan Historis Filososfis.” Tesis. Pascasarjan IAIN Sunan Kalijaga, 1999.

Mutaqin, Z Z. “Culture, Islamic Feminism, and the Quest for Legal Reform in Indonesia.” Asian Journal of Women’s Studies, 2018. https://doi.org/10.1080/12259276.2018.1524549.

Muthoharoh, N L. Metode Pemaknaan Hadis Tentang Cadar Perspektif Muhammad Al Ghazali. digilib.uinsby.ac.id, 2019. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32743.

Nabilata, L L. “Hermeneutika Feminis: Kritik Atas Kesetaraan Fatima Mernissi.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan …, 2018. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/adabiya/article/view/23.

Neufelt, Victoria. Webster’s News World Dictionary. New York: Clevenland, 1984.

Nurmila, N. “The Spread of Muslim Feminist Ideas in Indonesia: Before and After the Digital Era.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 2021. https://aljamiah.or.id/index.php/AJIS/article/view/59104.

Pals, Danial L. Seven Theories of Religion. New York: Oxford University Press, 1996.

Paputungan, R, and S A P KAu. “Argumen Kaum Feminis Terhadap Penolakan Poligami Di Indonesia.” As-Syams, 2020. https://e-journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/assyams/article/view/60.

Pertiwi, B P. Kontroversi Pemakaian Cadar: Studi Tafsir Surah Al Ahzab Ayat 59 Menurut Riffat Hassan Dan Maryam Jameelah. digilib.uinsby.ac.id, 2019. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29340.

Purnama, RFRF. “RAGAM STUDI QUR’AN: TEORI DAN METODOLOGI KONTEMPORER (ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN ABDULLAH SAEED, ANDREW RIPPIN, ASMA BARLAS ….” AL-WAJID: JURNAL ILMU AL-QURAN DAN …, 2021. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/alwajid/article/view/1668.

Puspita, A N. “Feminism According to Fatima Mernissi’s Thinking.” Citizen: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2021. https://journal.das-institute.com/index.php/citizen-journal/article/view/3.

Rahman, Fazlur. Islam. Translated by Ahsin Muhammad. Bandung: Pustaka, 1984.

Rauf, R A, and U Farhah. “Kritik Terhadap Kajian Hadis Feminis Islam.” Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al …, 2020. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/tahdis/article/view/17087.

Ridha, Rasyid. Tafsir Al-Manār. Kairo: al-Manar, 1367.

Riffat, Hassan. Equal Before Allah Woman-Man Equality in Islamic Tradition. Vol. 4. Asian Womens Bulletin, n.d.

Riyani, I. Islam, Women’s Sexuality and Patriarchy in Indonesia: Silent Desire. taylorfrancis.com, 2020. https://doi.org/10.4324/9781003042723.

Safandi, A. Pendekatan Hermeneutika Tafsir M. Quraish Shihab Dalam Surah Al-Kafirun. repository.iainpalu.ac.id, 2019. http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/1073/.

Salim, Peter. The Contemporary English Indonesia Dictonary. Jakarta: Modern English Press, 1997.

Setiawan, B. Metode Istinbath Hukum Studi Analisis Tafsir Rawai Al-Bayan Fi Tafsir Ayat Al-Ahkam Min Al-Quran Karya Muhammad Ali Ash-Shabuni. repository.iiq.ac.id, 2019. http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/198.

Shahran, S A, N N Amran, and L A Majid. “Bidang Jihad Bagi Wanita Menurut Perspektif Amina Wadud.” Journal of Al-Quran and Al-Hadis, 2021. http://spaj.ukm.my/jalturath/index.php/jalturath/article/view/136.

Shahrur, Muhammad. Al-Kitab Wal Al-Quran: Qiraah Muasirah. Damaskus: al-Ahali wa al-Thibaah, n.d.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu`i Atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1990.

Sholihah, N M. Pemaknaan Hadis Perempuan Mayoritas Penghuni Neraka Perspektif Fatimah Mernissi: Pemahaman Hadis S} Hah} Ih Bukhari No 3241 Dengan Teori Double …. digilib.uinsby.ac.id, 2019. http://digilib.uinsby.ac.id/32742/.

Supriyadi, T, J Julia, and E Firdaus. “The Problems of Gender Equality: A Reconstruction of Islamic Doctrine.” Journal of Social Studies Education …, 2019. https://www.learntechlib.org/p/216590/.

Tohir, M. “Feminimisme Al-Qur’an; Study Kritik Terhadap Pemikiran Riffat Hasan Tentang Konsep Equality Gender.” Al-Thiqah: Jurnal Ilmu Keislaman, 2018. http://ejurnal.stiuda.ac.id/index.php/althiqah/article/view/6.

Umar, Nasaruddin. Argumentasi Jender Dalam Perspektif Al-Quran. Jakarta: Paramadina, 1999.

———. “Metode Penelitian Berperspektif Jender Tentang Literatur Islam.” Al-Jam’iah 64, no. XII (1999).

Wadud, Amina. “Quran and Woman.” In Liberal Islam, edited by Charles Kurzman. New York: Oxford University, 1998.

Zaenudin, Z. “Analisis Hermeneutika Dan Tekstualisme Al-Qur’an (Dari Klasik Hingga Kontemporer).” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 2020. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/91.

Zamri, Muhammad. “Studi Kritis Atas Kritik Muh Ammad ‘ Imȃrah Terhadap,” 2017.




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v5i01.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sulastri Sulastri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.