OTENTISITAS KITAB SUCI AGAMA SAMAWI DALAM AL-QUR’AN (Studi Pemikiran al-Qasimi dalam Tafsir al-Qasimy al-Musamma Mahasin al-Ta’wil)

Baeti Rohman

Abstract


Penelitian ini ini bertujun untuk menjelaskan pandangan tentang otentisitas kitab suci samawi dalam kitab tafsir karya Jamal al-Din al-Qasimi Dalam pandangan al-Qasimi. Penelitian ini bersifat kepustakaan, maka penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, dalam penelitian ini memuat keterangan dan analisis terhadap ayat tentang otentisitas kitab suci perspektif al-Qasimi. Jamal al-Din al-Qasimi menyatakan arti tahrif yang terjadi pada orang Yahudi dan Kristen ketika menafsirkan kitab suci masing-masing, sementara teksnya sama sekali tidak diragukan kebenarannya. Dalam hal ini, al-Qasimi mengutip pendapat al-Thabari dan Ibn Katsir, bahwa pengertian istilah yuharrifuna adalah “mereka menafsirkan kalam Illahi berbeda dengan makna sebenarnya” atau “mereka menukar makna dan penafsirannya, dan mengubahnya”.  Hal senada, juga diungkapkan oleh Abu al-Kalam Azad bahwa tahrif terjadi pada wilayah penafsiran bukan pada teksnya. Pemalsuan yang dikaitkan dengan orang Yahudi bukan menyangkut pada ranah ketidakpercayaan terhadap kitab suci mereka, namun, pada konteks kelemahan utama mereka pada tataran kenyataan bahwa mereka tidak lagi mempunyai pengetahuan yang benar tentang kitab suci mereka dan tidak lagi bertindak dengan benar sesuai denga tuntuntan kitab suci mereka

Keywords


Al-Qur’an, Otentisitas Kitab Suci, Tafsir al-Qasimi

Full Text:

PDF

References


‘Âsyûr, al-Tâhir ibn. Tafsîr al-Tahrîr wa al-Tanwîr. Tunis: Al-Dâr al-Tunisiyyah, 1984

al-‘Andalusi, ‘Abu Muhammad ‘Abd al-Haqq ib Ghalib ibn ‘Athiyyah. Al-Muharrar al-Wajiz fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2001.

al-Baghawi, ‘Abu Muhammad al-Husain ibn Mas’ud. Tafsir al-Baghawi: Ma’alim al-Tanzil. Riyadh: Dar Thayyibah li al-Nasyar wa al-Tawzi’, 1409 H.

al-Baghdadi, Jamal al-Din ‘Abd al-Rahman ‘Ali ibn Muhammad al-Jawzi al-Qurasyi. Zad al-Masir fi Ilm al-Tafsir. Beirut: Al-Maktab al-Islami, 1984.

al-Baqi, Muhammad Fu’ad ‘Abd. Al-Mu’jam al-Mufahras li ‘Alfadz al-Qur’an al-Karim. Kairo: Dar al-Hadits, t.t.

al-Dimasqi, ‘Imad al-Din ‘Abi al-Fida’ Isma’il ibn Katsir. Tafsir al-Qur’an al- ‘Adzim. Giza: Mu’assasah Qurthubah, 2000.

Ali, Moh. “Kontekstualisasi al-Qur’an”, Jurnal Hunafa, Vol. 7, No. 1, April 2010.

al-Jurjani, ‘Abd al-Qahir. Durj Al-Durar fi Tafsir al-Qur’an al-‘Adzim. Amman: Dar al-Fikr, Nasyirun wa Mauzun, 2009.

al-Maliki, ‘Abd al-Rahman ibn Muhammad ibn Makhluf ‘Abi Zaid al-Tsu’alabi. Tafsri al-Tsu’alabi al-Musamma bi al-Jawahir al-Hisan fi Tafsri al-Qur’an. Beirut: Dar Ihya’ al-Turats al-‘Arabi, 1997.

al-Maraghi, ‘Ahmad Mushthafa. Tafsir al-Maraghi. Mesir: Syirkah Maktabah wa Mathba’ah al-Bab al-Jilani, 1946.

al-Qasimi, Muhammad Jamal’ al-Din. Tafsir al-Qasimi al-Musamma Mahasin al-Ta’wil. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2002.

al-Qurthubi, ‘Abu ‘Abdillah Muhammad ibn ‘Ahmad ib ‘Abi Bakar. Al-Jami’ li ‘Ahkam al-Qur’an wa al-Mubayyin Lima Tadhammanah min al-Sunnag wa ‘Aiyi al-Qur’an. Beirut: Al-Risalah li al-Thaba’ah wa al-Nasyr, 2006.

al-Razi, Fakhr al-Din Tafsir Mafatih al-Ghaib. Beirut: Dar al-Fikr, 1981.

al-Shibagh, Muhammad ibn Luffi. Lumhat fi ‘Ulum al-Qur’an wa Ittijahat al-Tafsir. Beirut: Maktabah al-Islami, 1990.

al-Suyuthi, Jalal al-Din. Al-Durr al-Mantsur fi al-Tafsir bi al-Ma’tsur. Kairo: Markaz Hajar li al-Buhuts wa al Dirasat al-‘Arabiyyah wa al-‘Islamiyyah. 2003.

al-Thabari, ‘Abu Ja’far Muhammad ibn Jarir. Tahsir al-Thabari: Jami’ al-Bayan ‘an Ta’wil Aiyi al-Qur’an. T.tp: Hajr li al-Thaba’ah wa al-Tawzi’ wa al-I’lan, t.t.

Arief, Syamsuddin. Orientaslis dan Diabolisme Pemikiran. Jakarta: Gema Insani Press, 2000.

Arkoun, Muhammad. Kajian Kontemporer al-Qur’an. Bandung: Pustaka, 1998.

Armas, Adnin. Metodologi Bibel dalam Studi Al-Qur’an: Kajian Kritis. Jakarta: Gema Insani Press, 2005.

Ayazi, Sayyid Muhammad Ali Al-Mufassirun Hayatuhum wa Minhajuhum. Teheran: Muassasah al-Tiba’ah Wizarat Tsaqafah al-Irsyad, t.t.

Azad, Abu al-Kalam. Tarjuman al-Qur’an, terj. Syed Abdul Latif. New Delhi, Asia Publishing House, 1967.

Bell, Richard. The Origin of Islam in its Christian Environment, London: t.pn, 1962

Blachere, Regis. Introduction au Qoran, Paris:T.pn, 1947.

Bowering, Gerhard H. “The Qur’an as The Voice of God”, Proceeding of The American Philosophical Society, Vol. 147, No. 4 (December, 2003).

el. Badawiy, Hasan Abdul, Rauf M. dan Abdurrahman Ghirah. Orientalisme dan Misionarisme, terj. Andi Subarkah. Bandung: Rosdakarya, 2007.

Haldane, Robert. Authenticity and Inspiration of The Holy Scriptures. Oregon: Wipf and Stock Publishers, 2007.

Hamka. Tafsir al-Azhar. Jakarta: Pembimbing Massa, 1967.

Hanafi, A. Orientalisme. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1981.

Hanafi, Hasan. “Hermeneutic as Axiomatics: An Islamic Case”, dalam Religious and Revolution. Anglo Egyptian Bookshop. 1977.

Hirschfeld, Hartwig. New Researches into the Composition and Exegesis of the Qoran,. London: Royal Asiatic Society, 1902.

Horovitz, Joseph. Jewish Proper Names and Derrivatives in the Koran, (Hildesheim: Georg Olms Verlagbuchandlung, 1964)

Ja’far, Muslim ‘Āli. Manāhij al-Mufassirūn, T.tp: Dar al-Ma’rifah, 1980.

Jeffery, Arthur. The Quran as Scripture. New York: Russel F. Moore Company, 1952.

King, Richard. Agama, Orientalisme, dan Poskolonialisme, terj. Agung Prihantoro. Yogyakarta: Qalam, 2001.

Ma’luf, Louis. Al-Munjid fi al-Lughah. Beirut: Dar al-Masyriq, 1977.

Manzur, Ibn. Lisan al-‘Arab. Beirut: Dar al-Shadir, 1994.

McGowan, A.T.B. The Divine Authenticity of Scripture: Retrieving an Evangelical Heritage. England: InterVarsity Press, 2007.

Mingana, Alphonse. Transmission of The Koran According to Christian Writers. The

Muslim World, 1917.

Motzki, Harald. The Collection of The Quran: A Recunstruction of Western View in

Light of Recent Methodological Development. DI 78 (2001).

Mughniyyah, Muhammad Jawad. Al-Tafsir al-Kasif. Beirut: Dar al-‘Ilm al-Malayin, 1968.

Nabi, Malik Ben. Fenomena al-Qur’an: Pemahaman Baru Kitab Suci Agama-agama Ibrahim, terj. Farid Wajdi. Bandung: Penerbit Marja’, 2002.

Noldeke, Theodore, Friedrich Schawally, Gotthelf Bergstraesser, Otto Pretzl, Geschichte des Qoran. Leipzig: Dieterich’sche Velagsbuchhan-dlung, 1938.

Partanto, Pius A. dan M. Dahlan al-Barry, Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Penerbit Atkota, t.t.

Ratna, Nyoman Kutha. Metodologi penelitian: kajian budaya dan ilmu sosial humaniora pada umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Ridha, Muhammad Rasyid. Tafsir al-Manar. Kairo: Dar al-Manar, 1947.

Rippin, Andrew. Introduction the Quran: Style and Contents. Hampshire: Ashgate

Publishing Limited, 2001

Saleh, Ahmad Syukri. Metodologi Tafsir al-Qur’an Kontemporer Dalam Pandangan Fazlur Rahman. Jambi: Sulthan Thaha Press, 2007.

Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Sirry, Mun’im. Polemik Kitab Suci: Tafsir Reformasi Atas Kritik al-Qur’am Terhadap Agama Lain. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Strauss, Anselm dan Juliet Corbin, Dasar-dasar penelitian kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Suma, Muhammad Amin. Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000

Sumabrat, Lukman Abdul Qohar et,al. Pengantar Fenemenologi al-Qur’an. Jakarta: Grafika Jaya, 1991.

Syahâtah, Abdullâah. ‘Ulûm al-Tafsîr. Kairo: Dâr al-Syurûq, 2001.

Syakir, ‘Ahmad.‘Umdat al-Tafsir ‘an al-Hafidz Ibn Katsir: Mukhtashar Tafsir al-Qur’an al-‘Adzim. T.tp: Dar al-Wafa’, 2005.

Wansbrough, John. Quranic Studies: Sources and Methods of Scriptural Interpretation. Oxford: Oxford Universitiy Press, 1977.

Zarkasyi, Hamid Fahmy. Liberalisasi Pemikiran Islam: Gerakan bersama Missionaris, Orientalis dan Kolonialis. Ponorogo: CIOS, 2007.




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v5i01.146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Baeti Rohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.