HUBUNGAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aziz, A. (2020). Melacak Signifikansi Pendidikan Multikultural Islam Di Indonesia. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 116–132. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.117
Aziz, A., Suhada, & Masruri, A. (2022). Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini dengan Pendekatan Psikologi Humanistik Carl R. Rogers. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(02), 64–78. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i02.831
Saihu, M. M., & Aziz, A. (2020). Implementasi Metode Pendidikan Pluralisme Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 131. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1037
A. Crow, L. Crow. (1989). Psychologi Pendidikan. Alih Bahasa. Abd. Rachman. Abror. Yogyakarta: Nur Cahaya.
Adekeye, Olujide A. (2012). Effect of Motivation on Test Permormance of First Year Covenant University Students. Journal of Education Practice. 3 (13) 65-73.
Ahmadi, A. (1991). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Airasian, P and L. R. Gay. (2000). Educational Research: Competencies for Analysis and Application Sixth Edition. New Jersey: Prentice Hall Inc.
Alisuf, Sabri (1996). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya
Arikunto, S. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara.
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (1998). Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bafadal, Ibrahim. (2003). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Baharuddin dan Wahyuni. Esa Nur., (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Djaali dan Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Gitosudarmo Indriyo dan I Nyoman Sudita (2000). Perilaku Keorganisasian. Edisi Pertama. Yogyakarta : Erlangga.
Hamalik, Oemar. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar: Bandung. Sinar Baru.
Hidayah, N & Hermansyah, F. (2016). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume. 3 (2).
https://jakarta.bps.go.id.
https://www.cermati.com/artikel/jangan-sepelekan-masalah-pendidikan-ini-ancam-masa depan-anak-anda, 11 Maret 2020 di akses 10 Juli 2021.
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201223125954-532-585616/unicef-sebut-938-anak-ri-putus-sekolah-karena-corona. di akses 11 Juli 2021.
https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/18/08/2020/kemendikbud-sebut-masalah-terkait-pendidikan-saat-ini-sudah-berbeda/ 18 Agustus 2020, di akses 11 Juli 2021
https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/covid-19-laporan-baru-unicef-mengungkap-setidaknya-sepertiga-anak-sekolah-di-seluruh di akses 11 Juli 2021
Imron, Ali. (1996). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya.
Isnawati, Nina dan Dhyah Setyorini. (2012). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. X (1) 27-47.
Jalaluddin. (1996). Psikologi agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Jihad Asep & Haris Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (1982). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Edisi Pertama. Jakarta: Bina Aksara.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Rati, Afriyoska., Martias, & Darman (2015). Hubungan Sikap Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Alat Ukur Kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal mahasiswa periode wisuda september 2015, Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.
Rifa’i, Achmad dan Anni Catharina Tri. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.
Rivai, Veithzal dan Murni, Sylviana. (2009). Education Management. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafido Persada.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka.
Soemanto, Wasty., (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Subini, Nini. (2011). Mengatasi Kesulitan Belajar pada Anak. Jogjakarta: Javalitera
Sudjana, N. (1991). Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta : FEUI.
Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana. (2007). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2006). Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Ketujuh, Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sumaatmadja. (1981). Studi Geografi: Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung: Alumni.
Supriyadi. D., (1999). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Suyatno, (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana.
Syah, Darwyan, Supardi, Eneng Muslihah, (2009). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media
Syah, Muhibbin, (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Uno, Hamzah, B. (2011). Teori Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v5i02.169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Abd. Aziz Hsb.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.