OPTIMALISASI STRATEGI FUNDRAISING WAKAF UANG TERHADAP PENAMBAHAN JUMLAH WAKIF
Abstract
This paper discusses appropriate strategic alternatives in optimizing cash waqf products in Hasanah Waqf. This paper departs from the existence of several obstacles faced by Wakaf Hasanah as a collector of cash waqf so that this product has not experienced a significant increase. In this study the authors used SWOT analysis to determine internal factors and external factors related to the application of these products and appropriate alternative strategies. The results showed that the appropriate strategic alternatives were developing cash waqf operations through pilot projects, establishing business partnerships with other parties, approaching waqif candidates both religiously and socially, creating products with new innovations that could become a source of funding for business units; cooperate with regulators to increase public trust in waqf institutions, improve the quality of nazhir and increase socialization and education of cash waqf to prospective waqif (community).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Ghofur Anshori, 2005. Hukum dan Praktik Perwakafan di Indonesia, Pilar Media. Yogyakarta
April Purwanto, Manajemen Fundraising bagi Organisasi Pengelolaan Zakat. 2009. Teras, Yogyakarta.
Abdullah Amrin. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah (memenangkan Persaingan Usaha Bisnis Asuransi dan Bank Syariah Secara Syariah). PT. Gramedia Widiarsana Indonesia, Jakarta.
Burhan Bungin. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Airlangga University Press, Surabaya.
Chapra, M. Umer, 2000. The Future of Economics: An Islamic Perspective.
Leicester, UK: The Islamic Foundations.
Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran. 2002. Andi, Yogyakarta.
Gugup Kismono. Pengantar Bisnis. Edisi Pertama. 2001. BPFE UGM, Yogyakarta.
Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Hakim, Wildan. 2012. Tesis. Strategi Komunikasi Serikat Pekerja Pers Dalam Menyelesaikan Konflik Hubungan Industrial di Perusahaan Media (Studi Kualitatif Strategi Komunikasi Serikat Pekerja Pers dalam Menyelesaikan Konflik Hubungan Industrial di Perusahaan Media di Jakarta). Universitas Indonesia: Depok.
Hadari Nawawi, (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Cetakan Ke-4, Gajah Mada Univercity Press, Yogyakarta.
Hendra Sutisna, Fundraising Database. 2006. Piramedia, Jakarta.
Imam Suprayogo. 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Jaih Mubarok, 2008. Wakaf Produktif. Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
Khotler, Philip dan Gery Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran. 1997. PT. Prehallindo, Jakarta.
Khotler, Philip. Manajemen Pemasaran. 2002. PT. Prehallindo, Jakarta.
Lexi J. Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
----------------, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Marrus. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. 2002. PT. Bumi Aksa, Jakarta.
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta. Referensi.
Malthis, R. L. dan Jackson. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat, Jakarta.
Malayu Hasibuan. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Mughniyah, Muhammad Jawad, 2004. Fiqih Lima Mazhab, Lentera, Jakarta.
Mustafa Edwin Nasution, dan Uswatun Hasanah (ed)., 2006: Wakaf Tunai Inovasi Finansial Islam (Peluang dan Tantangan dalam Mewujudkan Kesejahteraan Umat, Jakarta: Program Studi Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia.
Muhammad Abdul Mannan. 2001. Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Dana Bakti Prima, Yogyakarta.
Muhammad Syafi'i Antonio. 2005. Bank Syariah, Dari Teori ke Praktek. Gema. Insani Press: Jakarta.
al-Zuhayli, Wahbah. al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu. 1985. Jilid. VII, 162, Dar al-Fikr, Damaskus.
Al-Imam Kamal al-Din Ibn ‘Abd al-Rahid al-Sirasi Ibn al-Humam, Sharh Fath al-Qadir, jil. 6. 1970. Dar al- Kutub al-‘Ilmiyyah, Beirut.
Onong Uchjana Effendy. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Rambat Lupiyoadi, dan A. Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa. 2008. Salemba Empat, Jakarta.
Rhenald Kasali. 2000. Manajemen PR; Konsep dan Aplikasi di Indonesia,
Grafiti, Jakarta.
Suryana. 2001. Kewirausahaan. Edisi I. Salemba Empat, Jakarta.
Simamora Henry. 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, STIE YPKN.
Syafaruddin Alwi. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi Keunggulan Kompetitif. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi: Yogyakarta.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
al-Syarbini, Muhammad al-Khatib. Mughni al-Muhtaj, juz 2. (Kairo: Syarikah Maktabah wa Matba‘ah Mustafa al-Babi al-Halabi wa Awladih, 1958).
Syams al-Din al-Syaikh Muhammad al-Dasuqi, Hasyiyah al-Dasuqi ‘ala al-Syarh al-Kabir, juz 2. tt. Dar al-Fikr, Beirut.
Saputra, Wahidin dan Nasrullah, Rulli.2011. Public Relations 2.0. Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber 2000. Gramata Publishing. Jakarta.
Steve Macaulay and Sarah Cook. 2007. How to improve your customer service. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Tjiptono Fandi, dkk., Pemasaran Strategik. 2008. Andi Offset, Yogyakarta.
T. Hani Handoko. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.
TB. Safri. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Wardi Bachtiar. 1999. Metode Penelitian Dakwah. Logos Wacana, Jakarta.
Wahidin Saputra dan Rulli Nasrullah, 2011. Public Relations 2.0: Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber 2000. Gramedia Publishing, Jakarta.
Yatim Riyanto. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. UNESA University Press, Surabaya.
Sumber Lain;
Jurnal Dialog Balitbang Kemenag RI, Potensi Wakaf Uang Serta Dampaknya
Terhadap Perekonomian No. 70, Tahun XXXIII, 2010, hlm. 14 – 23
Jurnal Syariah, Vol. 17, Asmak Ab Rahman: Peranan Wakaf Dalam Pembangunan Peraturan Menteri Agama RI No. 1 Tahun 1978 Tentang Pelaksanaan PP No. 28 Tahun 1977
Jurnal Dialog Balitbang Depag RI, Paradigma Baru Wakaf di Indonesia, Jakarta : Direktorat Pemberdayaan Wakaf, 2007
Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf
Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006. Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf
Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Keputusan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tentang Wakaf Uang, di Tetapkan di Jakarta pada tanggal 12 Mei 2002
Jurnal Dialog Balitbang Depag RI, Pedoman Pengelolaahn Wakaf Tunai, Jakarta: Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam, 2007.
Jurnal Dialog Balitbang Depag RI. Panduan Pemberdayaan Tanah Wakaf Produktif Strategi, Jakarta:Bimas Islam. 2008
Ahmad Furqon, Analisis Praktek Perwakafan Uang pada Lembaga Keuangan Syari’ah, Jurnal Walisongo, Volume 19, Nomor 1, Semarang, IAIN Walisongo, Mei 2011
Muhyar Fanani, Pengelolaan Wakaf Tunai, Jurnal Walisongo, Volume 19, Nomor 1, Semarang, IAIN Walisongo, Mei 2011
Miftahul Huda, Model Manajemen Fundraising Wakaf, Ahkam Vo. XIII No. 1. Agustus 2013
Fatwa Majlis Ulama Indonesia 11 Mei Tahun 2002 tentang Wakaf Uang
http://bwi.or.id/index.php/pengertian-wakaf-tentang-wakaf-54
https://bwi.or.id/index.php/in/tentang-wakaf/data-wakaf/lembaga-keuangan-syariah-penerima-wakaf-uang.html
https://tugas4kuliah.blogspot.co.id/2013/07/dasar-hukum-wakaf_30.html
DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v6i01.213
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sugianto Effendi, Jafril Khalil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.