PENINGKATAN MUTU MADRASAH MELALUI PENDEKATAN MUTU (STUDI KASUS PADA MTS PEMBANGUNAN UIN JAKARTA)

Adlan Fauzi Lubis

Abstract


Madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam yang terintegrasi dalam sistem pendidikan nasional. Sejarah madrasah pada masa silam telah mengingatkan kepada sebuah lembaga yang terdiskriminasikan. Namun keberadaan madrasah sangatlah dibutuhkan masyarakat. Dewasa ini perkembangan zaman eksistensi madrasah sangat menggembirakan. Terlebih Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta yang memiliki segudang prestasi baik akademik maupun non akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis lebih dalam tentang konsep pendekatan mutu Madrasah Tsanawiyah Pembangunan Jakarta. Sumber data diperoleh dari semua yang terlibat dalam pengambilan data baik kepala sekolah, guru, dan siswa serta stakeholder maupun sarana prasana sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif deskriptif pada Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah  Jakarta bahwa pendekatan mutu pendidikan sudah sangat baik dilaksanakan. Terbukti Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi sekolah favorit dikalangan masyarakat dari sekolah umum dan memiliki akreditasi unggul A.

Keywords


Peningkatan Mutu, Mutu Madrasah, Pendekatan Mutu.

Full Text:

PDF

References


Anwar Hadi, Pemahaman dan Penerapan ISO/IEC 17025: 2005, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Media, 2009.

Arcaro, Jeromes A, Pendidikan Berbasis Mutu Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, terj. Yosal Irinatara, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2005.

Dikdasmen, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis sekolah, Jakarta, Dikdasmen, 2001.

Echols, John M. dan Hasan Shadhily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta, Gramedia, 1976.

Guilitnan, ett.al., Marketing Management. 6th edition, New York, McGraw-Hill Companies. 1997.

HM. Nasruddin Anshoriy, Ch, Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Kesadaran Ilmiah Berbasis Multikulturalisme, Yogyakarta, LKIS, 2008.

Kotler, Philip. Marketing Management, 11th Edition. Prentice Hall Int’l, New Jersey, 2003.

Lincoln, YS and Guba EG, Naturalistic Inquiry, Beverly Hills : Sage Publications Ltd, 1985.

Lovelock, Christopher. H dan Wright, Lauren.K., Manajemen Pemasaran Jasa. Indeks. 2005.

Mohammad Ali, Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Bersaing Tinggi, Jakarta, Grasindo, 2009.

Muladi, Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2010.

Nasution, M.N, Manajemen Jasa Terpadu, Bogor : PT Ghalia Indonesia, 2004.

Parasuraman.Valarie.A.Z and Berry. Delivering Quality Service, New York: McMilan. 1990.

Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Saihu, “Implementasi Manajemen Balanced Scorecard Di Pondok Pesantren Jam’iyyah Islamiyyah Tangerang Selatan”, Mumtaz, Vol. 3, No. 1 (2019): 1-22.

Sallies, Edward. Total Quality Management In Education. Jogjakarta: IRCiSoD,2006.

Schiffman, Leon. G and Kanuk, Leslie Lazar. Consumer Behavior 8th edition. New York: Pearson Prentice Hall, 2004.

Tim Dosen Administrasi 2004 Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan, Bandung, Alfabeta, 2010.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama, 2007.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Zeithaml, Valarie A. and Bitner, Mary Jo. Service Marketing. McGraw Hill Inc, Int’l Edition, New York, 2003.

http://news.okezone.com/read/2014/05/13/373/984246/rangking-mutu-pendidikan-ri-di-dunia-paling-jeblok.

http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/11/18/nf8lyd-tiga-hal-keunggulan-madrasah-dari-sekolah-umum.




DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Adlan Fauzi Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.